Login

User Id
Password

Lupa password? Klik di sini

Belum pernah mendaftar? Daftar di sini

  • Email Artikel
  • Simpan ke Kesukaan
  • Cetak Artikel

IKA WAHYUNINGRUM

Oleh : Florentina Lenny Kristiani
IKA WAHYUNINGRUM

ika 76 headline

  

   

   

  

     

Anak-anak  autis mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam memandang dunia. Karena itu mereka sering mengalami kesulitan ketika harus berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya. Inilah yang membuat mereka seakan-akan mempunyai dunia sendiri dan menolak untuk berinteraksi dengan lingkungannya.

Awalnya saya bekerja sebagai terapis anak berkebutuhan khusus (ABK) di sebuah lembaga terapi di Surabaya selama kira-kira 1 tahun. Tapi kemudian saya mengundurkan diri karena merasa tidak dapat memaksimalkan ilmu yang sudah saya dapatkan sebagai terapis.

Pada awal tahun 2004 saya mulai memberikan terapi untuk anak berkebutuhan khusus secara privat di rumah. Seiring bertambahnya jumlah murid, saya beranikan diri untuk menyewa sebuah rumah untuk kegiatan belajar mengajar sekaligus mendirikan Yayasan Cita Hati Bunda.

Bulan Oktober 2008, usaha terapi ABK yang dirintis Cita Hati Bunda mampu membangun sebuah gedung untuk proses belajar mengajar. Para terapis di Cita Hati Bunda rata-rata lulusan Sarjana Pendidikan Luar Biasa yang kemudian mendapat pelatihan khusus selama 3 bulan.

Sebenarnya perjalanan membesarkan usaha terapi ini tak mudah, bahkan suami saya pun sempat kurang setuju dengan pendirian usaha ini. Awalnya pun untuk menggaji para terapis, kami hanya mengandalkan uang gedung dan spp. Demi agar para terapis mendapat gaji minimal sesuai UMR, saya sendiri sering tidak menerima gaji.

ika 76

Tapi kini semua buah usaha mulai terlihat, suami saya pun kini sering ikut serta dalam kegiatan ini. Dan walau terbatas, para terapis pun kini bisa mendapatkan insentif setiap bulan.

Sungguh, semakin saya kenal anak-anak ini, semakin saya jatuh cinta. Dari mereka saya banyak belajar tentang kehidupan dan makna bersyukur. Dari mereka pula saya tahu, tidak mudah mempelajari tahapan-tahapan dalam kehidupan. ”I am very proud to teach the amazing kids...”

Kebahagiaan terbesar saya adalah saat melihat ada perkembangan yang berarti bagi ABK yang menjalani terapi di Cita Hati Bunda. Dan saya paling merasa sedih jika bertemu dengan orang tua yang tidak peduli dan hanya ”menitipkan” anaknya di Cita Hati Bunda. Karena sebenarnya anak-anak ini sangat peka dan dapat merasakan itu.

Kini saya ingin terus menjunjung misi Cita Hati Bunda untuk memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak sehingga mereka dapat hidup secara mandiri di lingkungan masyarakat dan mensosialisasikan hak-hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di masyarakat.

tips ika 76

Lenny

ralat ika 76

Dilihat : 403 orang
  • Del.icio.us
  • Rating :
  • 3/5 (59 votes)
Belum ada komentar